9.21.2008

Agustus-an Di Melawi 2008






Dikabupaten Melawi, Bulan agustus punya makna tersendiri. Selain sebagai perayaan HUT kemerdekaan RI, Agustus juga merupakan bulan yang menjadi ajang pesta rakyat. ada sebagian orang mengatakan bahwa hal tersebut wajar-wajar saja, tapi bagi saya itu tidak benar karena sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya di Kab. Melawi berpikiran ini sudah menjadi takdir mereka hidup di era kemerdekaan, jadi buat apa mereka susah payah memperingati HUT kemerdekaan RI.

Terutama di Kab. Melawi perayaan 17-san menjadi ajang olah raga terbesar setiap tahun. biasanya pertandingan antar desa sekecamatan, atau pertandingan antar kecamatan sekabupaten. di ajang ini di gelar pertandingan Bola kaki, bola voli, dan masih banyak lagi.

Perayaan 17-san juga merupakan ajang pertandingan bagi seluruh generasi, baik tua, muda maupun anak tidak ketinggalan ikut bersuka ria dalam berbagai acara yang diselenggarakan panitia.

untuk para pemuda dan pemudi, biasanya pertandingan yang diikuti berupa sepak bola dan bola voly, tapi tidak menutup kemungkinan juga ikut pertandingan hiburan rakyat di hari utama, yaitu tgl 17 agustus. untuk orang tua ( tapi bukan yang udah aki-aki lho) biasanya ada hiburan rakyat dihari utama, misalnya Panjat Pinang, Tarik tambang, Lomba perahu, marathon, dan masih banyak lagi perlombaan-perlombaan lain ( terutama jika dana yang diperoleh limayan banyak. sementara untuk anak-anak ( SD dan TK ) biasanya diadakan pertandingan ringan untuk anak-anak, misalntya Lomba mengisi air dalam botol, lomba memasang sepatu, lomba melukis, membaca puisi dan m,asih banyak lagi ( apalagi jika guru SD/Tk nya kreatif)

suasan kota atau desa juga semarak dihiasi oleh umbul-umbul dan bendera merah putih. setiap rumah turut memasang bendera, suasana kota jadi terlihat semarak.

0 komentar: