9.21.2008

Sekilas Tentang Kabupaten Melawi



SEKILAS TENTANG KABUPATEN MELAWI

"Jauh sebelum Kabupaten Melawi diresmikan sebagai sebuah kabupaten, sebetulnya eksistensi kabupaten Melawi telah mengalami pergulatan panjang dalam sejarah nusantara bahkan sebelum terbentuknya nusantara. peradaban masyarakat sudah tergolong maju dan termasuk bagian dalam epik negeri Borneo raya dimasa silam. Antara masa sekarang dan masa silam berlangsung, terdapat satu rangkaian sejarah yang tidak bisa terlupakan begitu saja. Apa yang terjadi hari ini di tanah Melawi merupakan hasil pergulatan panjang perdaban manusia pada masa silam. Demikian halnya dengan masa depan kabupaten Melawi, itu semua tergantung skenario pemimpin masa depan bersama masyarakat yang kini hidup diatas bumi Melawi". ( M Alam Liga dan Heryanto: Merajut masa depan kabupaten melawi. Hal : 17)

Kabupaten Melawi merupakan sebuah kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Sintang, Kalimantan Barat sebenarnya mempunyai sejarah panjang dalam cerita sejarah nusantara. Kalimantan yang pada masa itu masih bernama Borneo mempunyai banyak sekali pusat peradaban manusia, salah satunya adalah Tanah Pinoh atau kabupaten Melawi sekarang ini. Tanah Pinoh diapit oleh dua sungai yang cukup besar dan panjang yaitu sungai Melawi dan sungai Pinoh. Sebagai tempat yang memiliki letak geografis yang seperti itu, tentu saja memiliki keuntungan tersendiri bagi masyarakat Tanah Pinoh tempo dulu yang sangat mengandalkan jalur transportasi sungai sebagai nadi utama penghubung antar daerah terutama untuk kepentingan perniagaan.

Sebagai daerah yang diapait oleh dua buah sungai, tentu saja daerah Pinoh menjadi tempat persinggahan dua jalur perniagaan pada masa itu. keadaan ini otomatis menjadikan Nanga Pinoh sebagai tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang dengan banyak kepentingan.

Sejalan dengan perkembangan jaman, yaitu beberapa abad sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara, jalur lalu lintas perdagangan yang memanfaatkan sungai melawi dan sungai pinoh semakin ramai dan semakin berkembang. bukan hanya dikunjungan penduduk lokal saja namun juga dikunjungi oleh penduduk dari luar Tanah Pinoh seperti penduduk dari Kerajaan Sintang. Rakyat hidup makmur, tentram dan damai sampai akhirnya orang-orang Eropa menancapkan kuku-kuku kolonialnya di Nusantara, tidak luput pula tanah pinoh dari cengkraman mereka.

Sejarah panjang perjuangan rakyat nusantara melawan penjajahan dalam berbagai fase perjuangan, masyarakat Melawi memiliki cerita tersendiri yang menjadi bagian dari sejarah berdirinya NKRI yang kita nikmati sekarang. Didalamnya terdapat banyak epik kepahlawanan masyarakat Melawi, hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai situs sejarah yang ada didaerah kabupaten Melawi salah satunya adalah makam pahlawan nasional Raden Tumenggung Setia Pahlawan.

Latar belakang sejarah tersebut menjadi dasar pemikiran para tokoh masyarakat melawi dalam memperjuangkan berdirinya Kabupaten Melawi. Akhirnya melalui pergulatan dan perdebatab panjang yang cukup melelahkan, akhirnya pada tahun 2004, secara formal Tanah Melawi dikukuhkan sebagai sebuah Kabupaten dengan Nanga Pinoh sebagai Ibu Kotanya.

0 komentar: